DOSA MELAWAN PENYEMBAHAN ALLAH

10-perintah-allah

10 PERINTAH ALLAH

Perintah Pertama (Bagian ke-8):

 Perintah pertama mencela dosa-dosa melawan penyembahan Allah, terutama tiga dosa :  Dosa mencobai Allah dengan perkataan dan perbuatan, dosa sakrilegi dan dan simoni.  Pertama, Yang dimaksud doa mencobai Allah, bahwa manusia mencobai kebaikan dan kekuasaan Allah melalui perkataan, atau perbuatan. Yesus pernah dicobai iblis untuk melakukan dosa ini, ketika Ia diminta iblis menerjunkan diri dari Kenisah dan dengan demikian memaksa Allah untuk mengambil tindakan, menolong Yesus. Yesus menolak melakukan, ia berkata, “Janganlah kamu mencobai Tuhan Allahmu (Ul 16:16).

Kedua, dosa sakrilegi. Dosa ini terjadi bila orang menajiskan, atau tidak menghormati hal-hal yang sudah disucikan oleh Gereja, misalnya sakramen-sakramen,  pribadi, benda atau tempat yang telah ditahbiskan dan hanya diperuntukkan bagi Allah. Contoh : Sakralegi terhadap ekaristi, atau tidak mengormati sakramen ekaristi merupakan dosa berat karena di dalam sakramen itu hadir Kristus secara substansial. Sengaja menggoda seorang tertahbis (misalnya, imam) agar jatuh dalam dosa termasuk dosa sakrelegi.

Ketiga, dosa simoni.  Dosa ini terjadi bila orang mengkomersialkan, atau menjual-belikan barang-barang suci/rohani yang sudah diberkati, atau ditahbiskan. Contoh, orang menjuali belikan rosario yang sudah diberkati oleh imam tertentu, apalagi misalnya yang diberkati uskup dijual lebih mahal, daripada oleh imam biasa, dsb. Dalam hal ini, Gereja menganut semangat cuma-cuma, atau gratis, “Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma (Mat 10:8). (SHD)