HUBUNGAN ANTARA KEBANGKITAN DENGAN MASUK SURGA

yesus0surga

Pertanyaan dikirim oleh +62857XXX7X606 : Dalam keyakinan kristen bila orang percaya kepada Yesus Kristus akan ikut dibangkitkan setelah mati. Pertanyaan saya, apakah dengan dibangkitkan, otomatis orang akan masuk surga. Atau untuk masuk surga ada syaratnya tersendiri lagi, misalnya kita harus menjalankan perintah-Nya. Demikian pertanyaan saya, mohon maaf atas kedangkalan pengetahuan iman saya.

 

Gereja mengajarkan, bahwa Kristus akan membangkitkan kita “pada hari kiamat”; tetapi di pihak lain kita telah bangkit bersama Kristus dalam arti tertentu. Sebab, setiap orang yang percaya kepada Kristus dan disatukan dengan-Nya melalui pembabtisan   mereka telah mengambil bagian dalam kehidupan sorgawi Kristus yang telah dibangkitkan. “Karena dengan Dia kamu dikuburkan dalam babtisan, dan di dalam Dia kamu turut dibangkitkan juga oleh kepercayaanmu kepada kerja kuasa Allah, yang telah membangkitkan Dia dari orang mati. Karena itu kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, dimana Kristus duduk, di sebelah kanan Allah (Kol 2: 12; 13:1).

Tetapi berdasar ajaran Gereja pula, sesungguhnya yang dibangkitkan pada akhir zaman, bukan hanya mereka yang percaya kepada Yesus Kristus dan dibabtis, namun semua manusia. Dalam hal ini Katekismus Gereja Katolik (art 998)  menyatakan, “Siapa akan bangkit? Semua manusia yang telah meninggal : “Mereka yang berbuat baik akan keluar dan bangkit untuk hidup yang abadi, tetapi mereka yang berbuat jahat akan bangkit untuk dihukum”(Yoh 5:29). Secara definitif, pada hari kiamat (Yoh 6: 39-40.44.54; 11:24) orang akan dibangkitkan berkaitan dengan kedatangan Kristus yang kedua. “Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu waktu penghulu malaikat berseru dan sangkala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari surga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit”(1Tes 4: 16).

Dalam ajaran Gereja setiap orang pada akhir zaman akan dibangkitkan untuk diadili, dalam hal ini Gereja menyatakan, “Sesudah kebangkitan semua orang mati, “baik orang benar maupun yang tidak benar (Kis 24:15), menyusullah pengadilan terakhir. Mereka yang telah berbuat baik akan keluar dan bangkit untuk hidup yang kekal, tetapi mereka yang berbuat jahat akan bangkit untuk dihukum (Yoh 5: 28-29). Pernyataan tersebut menunjukkan, bahwa tidak setiap orang yang dibangkikan masuk surga. Hanya mereka yang yang hidup benar dan berbuat baik saja yang akan masuk sorga. (SHD)