MISA MALAM NATAL 2016 Stasi Sta. Maria Assumpta Caruban

natal-caruban

Misa malam Natal kali ini terasa sangat berbeda dibanding tahun-tahun sebelum-nya. Betapa tidak, jumlah umat yang hadir sungguh-sungguh diluar dugaan. Gereja penuh sesak, balai stasi juga penuh, sampai halamanpun tidak ada tempat yang kosong. Semua kursi yang tersedia juga tidak cukup, bahkan bangku-bangku yang selama ini tersimpan rapi di balaipun keluar dan termanfaatkan. Parkiran gereja penuh sampai memanjang sepanjang jalan depan gereja, bahkan Romo Joko pun terpaksa parkir diluar. Lebih dari 350 umat memadati area Gereja. Sekitar 110 personal keamanan menjaga ketertiban dan keberlangsungan Misa Malam Natal tahun ini.

Prosesi Misa diawali dari dalam Balai Stasi dengan perarakan Lilin yang setiap kali dinyalakan saat dilewati Bayi Yesus. Lilin yang menyala sebagai lambang terang yang datang bersama Kelahiran Yesus Sang Juru Selamat. Prosesi berakhir setelah pentahtahan Bayi Yesus di palungan dan dilanjutkan dengan Doa Natal di depan Goa serta pendupaan Goa. Selama Prosesi semua lampu Gereja dan Balai dimatikan. Suasana benar-benar khitmat dan sakral.

Misa dengan tema sentral “Hidup bersama sebagai keluarga Allah”, dalam pesan Natal kali ini Romo Joko mengingatkan kita untuk saling memperhatikan, saling berbagi dan saling menguatkan satu dengan yang lain, karena kita adalah satu saudara. Dalam kesempatan itu juga Romo memuji Paduan Suara yang kali ini benar-benar luar biasa, juga kerjasama Panitia dan seluruh Umat yang begitu kompak dan menyatu sehingga Misa ini dapat terselenggara dengan baik, juga ucapan

terima kasih kepada Pihak Keamanan yang dengan sungguh-sungguh menjaga ketertiban dan keamanan sehingga Misa berlangsung khitmat.

Setelah Misa diadakan makan bersama sebagai ungkapan rasa syukur atas rahmat keselamatan yang diterima lewat kelahiran Yesus. Betapa terkejut panitia karena sebagian dari mereka yang hadir belum pernah dilihatnya, ternyata banyak umat dari luar yang mungkin kebetulan lewat/rehat di Caruban dan merayakan Misa di gereja ini.

Setelah Misa selesai umat kerja bakti membereskan segala sesuatu sehingga dalam waktu sekejab semua telah beres dan rapi. Tampak sekali semangat kebersamaan dan kekeluargaan serta kepuasan terpancar pada wajah-wajah mereka.

Panitia Natal kali ini dari Lingkungan St. Martinus dengan Ketua Bp. Edy. Koor dipimpin oleh Bu Ertin (Koord) dengan pelatih Bp. Situmorang dan Organis sdr Andry. Semoga kebersamaan ini terus berlanjut untuk waktu kedepan, demikian harapan panitia dan seluruh umat Stasi. Amin. (KNI)