Membangun Komunitas Beriman yang Berkualitas

hutparoki

Perayaan HUT Paroki St. Cornelius ke-118

Didahului dengan Novena  HUT Paroki  yang dimulai hari Minggu 19 Juli 2015 s/d Senin, 27 Juli 2015, Paroki St.Cornelius Madiun merayakan ultahnya yang ke-118. Peringatan HUT Paroki tersebut dimeriahkan dengan berbagai lomba  yang diikuti anggota BIAK Paroki St. Cornelius Madiun.

Puncak perayaan ialah dengan Misa Syukur yang dipersembahkan empat orang Romo Diosesan dan seorang Romo Kongregasi Misi. Pada hari Selasa, 28 Juli 2015, pukul 18.00 WIB. Dalam misa yang didukung  paduan suara Gema Kasih Maria Inez dari RSK St. Clara ini, Romo  Diosesan Y. Fusi Nusantoro, dalam khotbahnya mengungkapkan bahwa paroki St. Cornelius yang dulu merupakan  salah satu stasi dari paroki Ambarawa, turut menjadi saksi sejarah perjuangan bangsa. Sebuah lubang peluru di tabernakel adalah fakta sejarah betapa paroki ini telah melalui perjalanan perjuangan panjang yang tidak mudah.

Paroki  ini juga menjadi  saksi sejarah kegigihan para misionaris yang telah menaburkan benih iman di Madiun lewat karya pendidikan, kesehatan, sosial, dan relegius. “Suatu beban moral yang cukup berat,  dirasakan dan disandang  oleh umat Katolik Madiun waktu itu.

Mereka di mata masyarakat dipandang senagai pengikut agama yang diwartakan oleh para misionaris yang secara fisik dan etnis sama dengan kaum penjajah,” kata Rm. Fusi.

Dalam perjalanan waktu Gereja berkembang dengan pesat. Hal ini merupakan bukti  cinta Allah dan karya Roh Kudus yang sangat luar biasa bagi masyarakat Madiun. Pada akhir khotbahnya, Rm. Fusi mengajak umat sebagai gereja untuk guyub rukun membangun komunitas beriman yang semakin berkualitas, tangguh di tengah gelombang zaman dengan berpegang pada Yesus yang senantiasa menyertai hingga akhir zaman.

Acara puncak perayaan tersebut kemudian dilanjutkan dengan acara pesta syukur  bersama umat  dan pemotongan tumpeng ultah serta doa pembukaan oleh RD. Dhani yang bertempat di halaman depan pastoran. Turut memeriahkan acara pesta syukur tersebur vokal group “Imanuel” (14 anggota Polresta Madiun).

Dengan gaya Khasnya yang renyah dan ramah, Mbak Vita, pembawa acara yang sangat piawai tersebut berhasil mengemas penampilan OMK, Rekat, Biak, dan tampilan perorangan menjadi sajian  yang indah dan menarik dan membahagiakan seluruh umat. Selamat ULANG TAHUN bagi seluruh umat Paroki Cornelius… [ANG]