KITAB-KITAB APOKRIP

bible3

Apokrip, Apocrypha – Yun, berarti tersembunyi, atau palsu. Berdasar asal kata tersebut, kitab-kitab Aprokrip adalah sejumlah kitab yang dinyatakan Gereja Reformasi sebagai kitab suci yang palsu, tetapi sebagian diantaranya diakui sah oleh Gereja Katolik. Kitab-Kitab tersebut ada pada Perjanjian Lama, maupun Perjanjian Baru. Kitab Aprokrip Perjanjian Lama adalah kitab-kitab yang aslinya ditulis dalam bahasa Yunani, sebagian besar antara tahun 200 sebelum masehi sampai 70 masehi. Kitab-kitab itu sebagaian diterima oleh Gereja Katolik sebagai Kitab Suci, tetapi tidak diterima sebagai bagian dari Kitab Suci oleh Gereja-Gereja Reformasi (Gereja Kristen). Termasuk didalamnya kitab-kitab ini : Kitab Tobit, Yudit, Putra Sirakh, Kebijaksaan Salomo, dan Kitab 1-2 Makabe. Sedangkan kitab-kitab Aprokrip Perjanjian Lama yang ditolak Gereja Katolik, misalnya Kitab Henoh, Mazmur Sulaiman, dsb

Lalu, kitab Aprokrip Perjanjian Baru, termasuk di dalamnya, Injil-Injil Aprokrip, adalah tulisan-tulisan kristiani yang muncul sejak abad kedua sampai keempat yang bermaksud melengkapi bahan-bahan yang dikisahkan oleh Injil-Injil kanonik (Mateus, Markus, Lukas dan Yohanes) mengenai kelahiran, kehidupan, ajaran, wafat dan kebangkitan Yesus. Termasuk Injil Apokrip:  Injil Yakobus, Injil Petrus, Injil Thomas, Injil Kebenaran, Injil Orang Nazaret, Injil Nikodemus, Injil Filipus, Injil Markion, Injil Orang Ibrani, Injil Orang Mesir dan Injil Para Ebioniti. Termasuk surat  Aprokrip dan tulisan apokrip perjanjian baru lainnya: Surat Barnabas, Apokalipsis Petrus, Tertidurnya sang Perawan, Riwayat Yusuf, tukang kayu, Surat ketiga kepada jemaat Korintus, Surat para rasul, Surat kepada jemaah Leudokea, Surat kepada jemaat di Aleksandtria, dsb. Tulisan Apokrip tidak diakui baik oleh Gereja Katolik, maupun Gereja Reformasi. Pada umumnya, kitab apokrip perjanjian baru tersebut mirip dengan legenda, atau dongeng dan sebagian menjiplak dari kitab-kitab yang asli.

Pertanyaan dikirimkan dari +62821451052XX :  Terima kasih telah diulas dalam Menu Cornelius kitab-kitab meski serba kurang. Saya tergelitik dengan apa yang pernah saya dengar, yakni kitab Apokrip. Apakah itu?