Category Archives: Liputan

MISA MALAM NATAL 2016 Stasi Sta. Maria Assumpta Caruban

natal-caruban

Misa malam Natal kali ini terasa sangat berbeda dibanding tahun-tahun sebelum-nya. Betapa tidak, jumlah umat yang hadir sungguh-sungguh diluar dugaan. Gereja penuh sesak, balai stasi juga penuh, sampai halamanpun tidak ada tempat yang kosong. Semua kursi yang tersedia juga tidak cukup, bahkan bangku-bangku yang selama ini tersimpan rapi di balaipun keluar dan termanfaatkan. Parkiran gereja penuh sampai memanjang sepanjang jalan depan gereja, bahkan Romo Joko pun terpaksa parkir diluar. Lebih dari 350 umat memadati area Gereja. Sekitar 110 personal keamanan menjaga ketertiban dan keberlangsungan Misa Malam Natal tahun ini.

Prosesi Misa diawali dari dalam Balai Stasi dengan perarakan Lilin yang setiap kali dinyalakan saat dilewati Bayi Yesus. Lilin yang menyala sebagai lambang terang yang datang bersama Kelahiran Yesus Sang Juru Selamat. Prosesi berakhir setelah pentahtahan Bayi Yesus di palungan dan dilanjutkan dengan Doa Natal di depan Goa serta pendupaan Goa. Selama Prosesi semua lampu Gereja dan Balai dimatikan. Suasana benar-benar khitmat dan sakral.

Membangun Komunitas Beriman yang Berkualitas

hutparoki

Perayaan HUT Paroki St. Cornelius ke-118

Didahului dengan Novena  HUT Paroki  yang dimulai hari Minggu 19 Juli 2015 s/d Senin, 27 Juli 2015, Paroki St.Cornelius Madiun merayakan ultahnya yang ke-118. Peringatan HUT Paroki tersebut dimeriahkan dengan berbagai lomba  yang diikuti anggota BIAK Paroki St. Cornelius Madiun.

Puncak perayaan ialah dengan Misa Syukur yang dipersembahkan empat orang Romo Diosesan dan seorang Romo Kongregasi Misi. Pada hari Selasa, 28 Juli 2015, pukul 18.00 WIB. Dalam misa yang didukung  paduan suara Gema Kasih Maria Inez dari RSK St. Clara ini, Romo  Diosesan Y. Fusi Nusantoro, dalam khotbahnya mengungkapkan bahwa paroki St. Cornelius yang dulu merupakan  salah satu stasi dari paroki Ambarawa, turut menjadi saksi sejarah perjuangan bangsa. Sebuah lubang peluru di tabernakel adalah fakta sejarah betapa paroki ini telah melalui perjalanan perjuangan panjang yang tidak mudah.

EXPO PENDIDIKAN 2015

expo

Sore itu (18/4), Paroki St. Cornelius Madiun membuka kegiatan yang jarang dilakukan, yakni Expo Pendidikan. Kegiatan  expo ini diprakarsai oleh Seksi Pendidikan DPP St. Cornelius Madiun.

Hadir dalam pembukaan pameran pendidikan ini yakni, Bp. Drs. Richardus Yosep Gandhi Hatmoko, M.Si, Kepala Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (DIKBUD MUDORA) Kota Madiun. Pembukaan expo ditandai dengan pemotongan pita oleh Bp. Gandhi. Sebelumnya ada sambutan singkat Bp. Marno Guntoro, Ketua Panitia Expo Pendidikan dan Bp. Gandhi.

“Kesetiaan dan Kebersamaan”

misa-caruban

Stasi “St. Maria” Caruban

 Kesetiaan dan kebersamaan bukanlah hanya sebagai slogan semata, tetapi benar-benar dihayati oleh Panitia Paskah 2015 Stasi St. Maria Caruban. Dengan segala keterbatasan dan kelemahan, mereka berusaha semaksimal mungkin menyiapkan dan melayani umat agar dapat merayakan Paskah dengan baik dan nyaman. Mereka melibatkan dan mengeksplorasi potensi umat dengan tanpa meninggalkan kebersamaan. Kesetiaan untuk menghadirkan Yesus yang bangkit mengalahkan rasa lelah dan kepentingan diri sendiri. Itu terlihat saat kerja bakti mempersiapkan Paskah. Tua dan muda saling bekerjasama.

Kentalnya Semangat Gotong Royong

paskahsaradan

Stasi “St. Yohanes Gabriel” Saradan

Dalam mempersiapkan, menyambut dan merayakan Hari Raya  Paskah 2015, semangat gotong royong dalam kebersamaan sungguh terlihat sangat kental sekali dalam umat stasi ini. Tidak ada panitia khusus yang dibentuk, semua dilakukan secara bersama-sama. Untuk memudahkan koordinasi, dibagilah beberapa Kepala Keluarga (KK) dalam kelompok-kelompok kecil. Semua rencana dibicarakan secara kekeluargaan. Beban pekerjaan juga dibagi pada kelompok-kelompok tersebut. Satu kelompok biasanya terdiri dari 2–4 KK yang berdekatan tempat tinggalnya.