Category Archives: Surat Gembala

Surat Gembala Prapaskah 2016

bapak-uskup-sby

SURAT GEMBALA Prapaskah 2016

Bagi Umat Katolik Keuskupan Surabaya

No. 20/G.111/II/2016

Saudara-saudari, Umat Allah yang terkasih,
Tradisi Gereja Katolik, sejak abad ke-4, berdasarkan Kitab Suci, menetapkan 40 hari masa puasa sebagai wujud pertobatan batin untuk mempersiapkan diri merayakan Sengsara, Wafat dan Kebangkitan Tuhan. Masa tersebut kita mulai Rabu Abu yang kita rayakan besok Rabu, 10 Februari 2016 hingga menjelang Perjamuan Tuhan di Kamis Putih, 24 Maret 2016. Dalam Kitab Suci diceritakan: selama 40 hari Musa berada di puncak Sinai, selama 40 hari Nabi Elia berjalan menuju gunung Allah yang suci, seluruh penduduk kota Ninive berpuasa selama 40 hari, selama 40 tahun bangsa terpilih keluar dari perbudakan Mesir menuju tanah terjanji, dan selama 40 hari Tuhan Yesus berpuasa di padang gurun.

SURAT GEMBALA ARDAS 2016

bapak-uskup-sby

Tahun Anak dan Komunikasi Sosial

Bagi Umat Katolik Keuskupan Surabaya

No. 351/G.111/XII/2015

         Saudara-saudari kaum beriman, seluruh Umat Allah, pengurus DPP-BGKP, para Imam, Biarawan Biarawati, Katekis, serta seluruh insan pemerhati pastoral dan kelompok kategorial di seluruh keuskupan Surabaya yang saya cintai, kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah Bapa kita, dan Tuhan Yesus Kristus menyertai Saudara sekalian.

Kita bersyukur kepada Allah, seiring dengan peziarahan Gereja universal merayakan Yubileum Kerahiman Allah, di tahun 2016 ini, kita memasuki tahun ketujuh peziarahan mewujudkan Arah Dasar Keuskupan Surabaya. Saya mengajak Anda sekalian melanjutkan prioritas pastoral tahun lalu, bidang Keluarga dan Pendidikan, dengan memberi prioritas perhatian pastoral yang sangat menantang, yakni Anak dan Komunikasi Sosial.