Category Archives: Penyemangat Hidup

PENGGUNAAN HARTA MILIK

orangkaya

Ada nasehat : “Muliakanlah nama Tuhan dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari segala penghasilanmu jadikan persembahan mulia bagi Tuhan yang memberikan kesemuanya bagimu”. Dibalik nasehat indah ini, hendak mengingatkan bahwa setiap harta milik yang diberikan Allah kepada setiap orang, tidak pernah mutlak, sebab, sesungguhnya harta dunia ini oleh Tuhan diperuntukkan bagi semua orang. Melalui harta miliknya pula orang dapat memuliakan nama Allah dan menyejahterakan sesamanya.

MENJAGA HATI TETAP SUCI

hati-heart

Ada nasehat : Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan. Nasehat itu diberikan, karena manusia itu lemah, ia sering kurang waspada, mudah jatuh dalam berbagai percobaan dan godaan. Maka, pertama-tama yang harus dilakukan, bukan merisaukan barang-barang, atau orang-orang yang disekeliling kita sehingga seseorang jatuh dalam dosa, namun pertama-tama orang harus menjaga hatinya supaya ia tetap suci, dan murni. Sebab, hati yang suci tidak akan mudah goyah, oleh godaan, ataupun  pencobaan.

 

PENCOBAAN DALAM HIDUP

rumushidup

Apabila seseorang bersiap untuk mengabdi Tuhan dengan tulus, ia harus bersedia untuk pencobaan. Sebab, ketika seseorang mengambil keputusan berusaha lebih dekat dengan Allah, berelasi lebih intim dengan-Nya, dan hanya akan mengabdi kepada-Nya, maka, pada saat yang sama, berbagai pencobaan segera datang silih berganti.  Terimalah segala sesuatu yang menimpa diri kita, tidak perlu gelisah, orang mesti tabah dan tetap teguh. Orang juga harus sabar terhadap segala sesuatu, atau sabar terhadap hinaan yang mungkin datang.

BILA DIHINA DAN DIRENDAHKAN

gold

Ada nasehat, jangan gelisah hatimu ketika kemalangan datang, jangan bersedih ketika kesengsaraan ada padamu; jangan membalas ketika kamu dihina dan direndahkan. Terima dengan sabar setiap cercaan, penghinaan dan kata-kata yang merendahkan kita. Sebab, emas diuji di dalam api, kemurnian hati dan kesucian jiwa diuji dengan kesabaran dan kebesaran hati. Percaya kepada Tuhan, berarti hanya berharap kepada-Nya. Apakah itu berarti kita menjadi seperti orang yang tidak punya perasaan. Pasti tidak. Sebab, kita mengunyah dan menelan setiap kata-kata, meskipun itu terasa-getir.

RASA CEMAS DAN TAKUT

takut

Ada dua hal yang menggelisahkan hati manusia : Rasa Cemas dan takut. Bagi anak sekolah selalu ada kecemasan memperoleh nilai yang jelek. Dan kecemasan itu, membuat-nya belajar tekun dan giat,  namun bisa juga membuat ia jatuh dalam dosa mencotek. Setiap orang memiliki kecemasannya sendiri. Kecemasan itu dapat menganggu dan membuat manusia tidak bahagia. Bagaimana menghindarinya, hanya ada satu cara, yakni bersandar kepada Allah dan berserah kepada Allah.