Category Archives: Artikel

Pesan Paus dalam Hari Komunikasi Sosial ke-50

komunikasi-2016

Pesan Paus Fransiskus

Untuk Hari Komunikasi Sosial Sedunia ke-50

Komunikasi dan Kerahiman: Perjumpaan yang Memerdekakan

 

Saudara dan saudari terkasih,

TAHUN SUCI Kerahiman mengajak  kita semua untuk merefleksikan keterkaitan  antara komunikasi dan kerahiman. Gereja, dalam kesatuan dengan Kristus sebagai penjelmaan yang hidup dari Bapa Yang Maha Rahim, dipanggil untuk mewujudkan kerahiman sebagai ciri khas dari seluruh diri dan  perbuatannya. Apa yang kita katakan dan cara kita mengatakannya,  setiap kata dan sikap kita, harus mengungkapkan kemurahan, kelembutan dan pengampunan Allah bagi semua orang. Kasih, pada hakikatnya, adalah komunikasi; kasih mengarah kepada keterbukaan dan kesediaan untuk berbagi. Jika hati dan tindakan kita diilhami oleh kasih insani, kasih ilahi, maka komunikasi kita akan disentuh oleh kuasa Allah sendiri.

Kapan Hari Komunikasi Sosial Sedunia 2016?

komunikasi-2016

Katekese Hari Komunikasi Sosial Sedunia 2016

Refleksi atas Tema Hari Komunikasi Sosial Sedunia 2016

komunikasi-2016

DEWAN Komunikasi Sosial Kepausan telah mengumumkan tema Hari Komunikasi Sedunia 2016, yaitu Komunikasi dan Kerahiman: Perjumpaan yang Memerdekakan.

Hari Komunikasi Sedunia dicanangkan oleh Paus Paulus VI setelah Konsili Vatikan II untuk mendatangkan perhatian akan adanya “fenomena luas dan kompleks dari berbagai sarana modern komunikasi sosial.”

Tema tahun ini diputuskan bertepatan dengan Tahun Jubelium Kerahiman Ilahi, Tahun Kudus yang diserukan oleh Paus Francis untuk mengumumkan rahmat Allah.

Pilihan tema tahun ini diinspirasi oleh Jubelium Agung Kerahiman, dan Bapa Suci menghendaki agar Hari Komunikasi Sedunia dapat menjadi kesempatan yang tepat untuk merefleksikan sinergi yang mendalam antara komunikasi dan kerahiman.

KLH Madiun Perangi Pembuang Sampah di Sungai

ferman-sampah

Puluhan warga yang tergabung dalam komunitas pegiat sosial dan bank sampah Cornelius Kota Madiun melakukan aksi memungut sampah di area Car Free Day (CFD) Kota Madiun, Minggu (21/2/2016). Aksi ini dilakukan untuk mengampanyekan gerakan peduli sampah dan tidak membuang sampah sembarangan.

Perwakilan bank sampah Cornelius Madiun, Fermansnoel, mengatakan kegiatan memungut sampah di arena CFD Jl. Pahlawan Kota Madiun ini juga untuk memperingati Hari Peduli Sampah yang jatuh setiap tanggal 21 Februari. Dia mengatakan aksi ini untuk mengajak masyarakat tidak membuang sampah sembarang dan mendidik masyarakat untuk lebih memanfaatkan sampah dengan dijadikan barang-barang yang memiliki nilai ekonomis.

Lanjut »»

Film Soegija

film-soegija

Soegija adalah film drama epik sejarah dari Indonesia yang disutradarai oleh sutradara senior Indonesia Garin Nugroho, dibintangi oleh budayawan Nirwan Dewanto yang memerankan tokoh pahlawan nasional Albertus Soegijapranata. Film yang dibintangi aktor-aktor dari beragam latar belakang budaya ini akan diluncurkan di Indonesia pada tanggal 7 Juni 2012. Dengan anggaran sekitar Rp 12 Miliar, film ini menjadi film termahal yang disutradarai Garin Nugroho.